SNA Minggu Ke 2
Jaringan sosial merupakan konektivitas dimana terdapat ikatan yang saling menghubungkan satu dengan yang lainnya dalam hubungan sosial. memiliki komunikasi dalam komunitas atau organisasi. jaringan sosial yang sudah mulai trend digunakan di masyarakat, tidak hanya dalam media sosial (cetak atau elektronik) tetapi dalam hal melakukan hubungan (jaringan) dengan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.
Kerja sama (cooperation), yaitu kerja sama yang dilakukan masyarakat karena didasari. oleh kebersamaan dan rasa memiliki Misalnya, memperbaiki jalan, kerja bakti, membersihkan masjid, dan sebagainya.
Persaingan (competation), yaitu hubungan sosial antar-individu yang saling berlomba atau bersaing untuk maju. Dalam bentuk ini, mereka tidak melakukan kerja sama. Misalnya, antarpedagang, masyarakat pengusaha, antarkaryawan, dan sebagainya.
Pertikaian (conflict), yaitu hubungan sosial ketika salah satu pihak merasa dirugikan Di antara mereka saling mencemooh, saling mencurigai, dan bermusuhan. Hubungan sosial ini bisa mengakibatkan kerusuhan atau peperangan.
Analisis Jaringan Sosial.
Memiliki prinsip yang berbeda dari penelitian lain.
Prinsip 1: Relations, not attributes
ANALISIS JARINGAN SOSIAL
(data relasi)
menggunakan jaringan komunikasi
mengenai
- relasi aktor dengan aktor lain
PENELITIAN LAIN
(data atribusi)
menggunakan survei
mengenai
- sikap
- pengetahuan
- perilaku
Prinsip 2: Network, not Group
Aktor adalah anggota bagian dari sebuah jaringan, bukan kelompok. Seorang aktor bisa saja menjadi anggota kelompok, tetapi mempunyai jaringan yang luas dari kelompok itu. Maka, memiliki jaringan sosial akan memudahkan kita mendapatkan relasi baru. sedangkan group hanya pada ruang lingkup kelompoknya saja.
Prinsip 3: Relations in a relational context
Relational antar-aktor dalam penelitian jaringan harus dipahami dalam konteks relational tertentu.
hubungan dalam jaringan dapat sangat luas. mereka yang tidak saling mengenal mampu memiliki jaringan atau hubungan hanya karna dalam satu forum yang sama.
contoh : komunitas pecinta hewan, komunitas berbagi jumat, dan juga pada informasi yang ada di sosial media yang menghubungkan seseorang di komentar tersebut
Komentar
Posting Komentar